Program Kerja

Program Kerja
Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia
Masa Bakti 2008 – 2011 (3 tahun)

 

BAB I
PENDAHULUAN

Program umum ini merupakan pokok-pokok program Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia (SIDDHI) yang ditetapkan dalam Kongres II untuk masa 3(tiga) tahun sejak tanggal ditetapkan.

Program umum ini ditetapkan dengan dilandasi oleh visi SIDDHI.

Pokok-pokok program ini dijabarkan dalam bentuk program kerja oleh Pengurus Pusat SIDDHI.

Pokok-pokok ini dan program kerjanya merupakan pedoman yang mengikat untuk dilaksanakan oleh segenap anggota SIDDHI.

BAB II
TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan Program umum SIDDHI adalah membangun SIDDHI menjadi tempat untuk mengembangkan kebajikan dan pengetahuan (Virtues & Knowledge). Sasaran Program Umum SIDDHI dalam waktu 3 (tiga) tahun adalah sebagai berikut :

  1. KE DALAM
    1. Pembentukan SIDDHI di kota-kota yang potensial.
    2. Peningkatan rasa memiliki terhadap SIDDHI.
    3. Peningkatan pemahaman wawasan BUDDHAYANA.
    4. Membuat sistem keanggotaan dan menyusun serta menyimpan data anggota dari Pengurus pusat sampai pengurus daerah.
    5. Mengadakan kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan kebajikan dan
    6. pengetahuan anggota SIDDHI.
    7. Meningkatkan pemahaman berorganisasi sehingga dapat menjadi kader yang baik untuk SIDDHI sendiri maupun untuk MBI.
    8. Membangun SIDDHI yang mandiri dalam hal keuangan.
  2. KE LUAR
    Menjalin hubungan yang harmonis dengan organisasi-organisasi lain baik dalam lingkungan Buddhayana, organisasi-organisasi sosial keagamaan lain dalam dan luar negeri maupun dengan pemerintah.
BAB III
POKOK-POKOK PROGRAM
  1. PENGEMBANGAN ORGANISASI 
    1. Membentuk SIDDHI di kota-kota yang potensial, dengan target minimum 10 cabang baru selama masa bakti 2009 – 2011.
    2. Sosialisasi visi dan misi SIDDHI ke seluruh anggota.
    3. Mempersiapkan kader untuk menjadi pengurus dan pemimpin SIDDHI.
    4. Mempersiapkan kader untuk menjadi pengurus MBI.
    5. Menjaring SDM dari luar, untuk menjadi pengurus SIDDHI.
    6. Menjaring anggota sebanyak minimum 3000 anggota dan membuat sistem keanggotaan yang berlaku secara nasional serta menyimpan data anggota secara menyeluruh.
  2. SEKRETARIAT 
    1. Membangun sekretariat profesional atau bergabung dengan sekretariat MBI masing-masing daerah.
    2. Menjalankan fungsi adsministrasi organisasi.
    3. Membantu pengurus SIDDHI untuk menjalankan tugas-tugas rutin dalam rangka melaksanakan AD/ART dan program kerja SIDDHI.
  3. BIDANG MEDIA KOMUNIKASI 
    1. Membuat, memelihara dan mengembangkan Website SIDDHI dan link dengan website PC dan website Buddhayana lainnya.
    2. Membangun kelompok diskusi melalui internet (forum & mailing list).
    3. Membuat dokumentasi kegiatan SIDDHI baik pusat maupun daerah, sehingga dapat dipakai sebagai SIDDHI profile.
    4. Mewajibkan PC untuk melaporkan agenda kegiatan setiap bulannya.
    5. Mewajibkan PP untuk mengupdate seluruh kegiatan PC di website SIDDHI.
  4. BIDANG PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
    1. Mengadakan seminar secara periodik untuk menunjukkan eksistensi organisasi,peserta terbuka untuk umum (Buddhis, non Buddhis, anggota SIDDHI maupun non SIDDHI).
    2. Mengadakan pelatihan khusus untuk anggota SIDDHI secara periodik yang meliputi pelatihan pengembangan intelektual (motivasi, hard skill, soft skill dll), financial, Kesehatan, spiritual dan solidaritas sosial.
    3. Memberikan pelatihan kepada umum dalam rangka menjalankan fungsi sosial.
    4. Memberikan pelatihan bagi anggota SIDDHI agar dapat menjadi pembicara profesional atau menjadi Dharmaduta.
    5. Untuk pengurus pusat, membina hubungan baik dengan nara sumber sehingga dapat bekerja sama secara nasional.

     

  5. BIDANG EKONOMI
    1. Membuat unit usaha, dalam rangka mewujudkan keuangan organisasi yang mandiri.
    2. Meningkatkan perekonomian masyarakat kurang mampu khususnya yang beragama Buddha.
    3. Membangun networking untuk sesama anggota SIDDHI.

     

  6. BIDANG TENAGA KERJA
    Membentuk bursa tenaga kerja dengan fungsi dan tugas sebagai berikut :

    1. Menjadi mediator bagi pencari kerja dan pencari pekerja.
    2. Memberikan pelatihan bagi anggota SIDDHI untuk meningkatkan karir (bekerja sama dengan bidang PSDM).
  7. BIDANG SOSIALMenumbuhkan solidaritas sosial anggota SIDDHI melalui kegiatan tabungan sosial, mengadakan bakti sosial, mengadakan program anak asuh dll.
  8. BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT
    1. Menjadi jurubicara organisasi.
    2. Membantu promosi kegiatan organisasi.
    3. Menjalin hubungan baik dengan media massa, organisasi sosial keagamaan yang ada di lingkungan Buddhayana, organisasi sosial keagamaan lain di dalam dan luar negeri maupun dengan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>