[Konsultasi] Banner Web

Pertanyaan :

Saya mengalami kesulitan dalam menentukan isi yang harus ditampilkan di banner promosi web online. Banner web sangat terbatas oleh space dan ukuran file. Mana yang paling harus ditampilkan, kata-kata yang dorongan untuk klik pada banner atau logo atau slogan perusahaan atau lainnya? Mohon pencerahannya.

Terima Kasih,

Kurniawan

Jawaban :

Dear Kurniawan,

Idealnya seluruh element marketing digunakan. Namun kendalanya adalah terletak pada keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki. Kalau saya analisa lebih dalam pertanyaan Kurniawan mengkristal pada 2 hal, yaitu:

1.Fokus pada kata-kata yang mendorong viewer untuk mengklik pada banner,atau
2.Fokus pada logo, slogan (tag line).

Berikut adalah jawaban dari saya:

Untuk point 1, tujuannya adalah untuk selling dimana viewer diarahkan untuk membeli. Seperti yang kita ketahui, Selling adalah satu-satunya element marketing  yang menghasilkan uang masuk. Oleh karena itu elemen ini sangat penting dan tetap harus diprioritaskan. Apalagi untuk perusahaan yang baru dibangun. Tentu sangat membutuhkan uang masuk untuk menjalankan operasi perusahaan.

Sedangkan untuk point 2, tujuannya adalah untuk brand building, brand awareness. Memang aktivitas membangun merek tidak menghasilkan uang cash di awal namun ujung-ujungnya mereklah yang akan membuat seseorang mau membeli atau tidak karena didalam merek terkandung value. Bahkan dengan merek dapat menghindarkan perusahaan dari commodity trap. Itu sebabnya ada satu perusahaan gula memberikan merek pada produk gulanya walaupun kita tahu gula adalah gula. Namun dengan adanya merek tersebut menciptakan value untuk produk tersebut dan menghindarkan dirinya berkompetisi di red ocean dengan gula curah di pasar tradisional. Bahkan, orang menjadi loyal dengan merek gula tersebut karena di belakang merek tersebut ada value yang tercipta. Selain itu juga produk gula tersebut dapat dijual lebih mahal dari pada gula curah dipasar dan tetap ada segmen market yang loyal terhadapnya dan rela membayar lebih mahal demi kualitasnya. Inilah yang disebut dengan adanya merek dapat mengatasi hukum permintaan dan penawaran (supply & demand).

Kesimpulannya adalah untuk kedua point diatas tetap harus ada walaupun yang satu lebih kelihatan hasil di short term melalui selling. Namun point yang kedua (brand) akan membantu untuk menghasilkan sales yang lebih besar di masa yang akan datang.

Demikian jawaban dari saya. Semoga membantu

Salam,
Tatang Akasa
Marketing Coach & Trainer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>